IDEO — uts assignment–

October 14, 2009 at 3:38 pm (Uncategorized)

Waktu pertama kali mendengar nama perusahaan ini di sebutkan di mata kuliah “creativity and innovation”, tidak terpikir sama sekali mengenai perusahaan ini. Tidak ada sedikit pun informasi yang saya ketahui mengenai perusahaan ini. Ternyata ketika saya mencari tahu dari internet, wah saya terkagum kagum membacanya. Banyak sekali hal yang sudah diraih oleh perusahaan ini. Mungkin karena kekurang wawasan saya ini, saya bisa sampai tidak mengetahui mengenai perusahaan ini. XP

 

Banyak sekali yang dapat kita kagumi dan kita bisa ambil pelajarannya dari perusahaan IDEO ini. Sebelum kita terkagum-kagum, ada baiknya kalau kita mengetahui profil perusahaan IDEO terlebih dahulu.

 

IDEO merupakan salah satu perusahaan layanan desain paling inovatif di dunia memiliki metodologi kerja yang sangat menarik. IDEO menciptakan produk inovatif dan jasa yang sangat mengagumkan. Dari pengalaman mereka yang sangat banyak, yaitu bekerja sama untuk perusahaan-perusahaan seperti Procter & Gamble, Pepsi-Cola, dan Samsung, dalam membantu perusahaan membangun budaya inovasi, perusahaan ini selalu dapat memberikan kepuasan pada perusahaan lain untuk  merancang produk, jasa, lingkungan, dan pengalaman digital. Selain itu, perusahaan ini juga terlibat dalam konsultasi manajemen dalam mensolusikan masalah dan memetakan gagasan.

 

IDEO dibentuk pada 1991 oleh pergabungan tiga perusahaan desain mapan: David Kelley Design (didirikan oleh David Kelley, yang juga seorang profesor di Universitas Stanford), ID Dua (didirikan oleh Britain’s Bill Moggridge), dan Matrix Product Design (didirikan oleh mike Nuttall).  CEO dari IDEO yang sekarang adalah Tim Brown. IDEO memiliki basis di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

 

Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 550 multidisiplin individu-perancang, insinyur, ahli faktor manusia, dan strategi bisnis-yang bergabung untuk menciptakan sebuah budaya yang kaya dengan kreativitas, keahlian, pengetahuan, dan empati. IDEO telah bekerja di ribuan proyek untuk sejumlah besar klien dalam konsumen, komputer, kedokteran, perabotan, mainan, kantor dan industri otomotif. Contoh terkenal adalah mouse pertama Apple.

 

Sejak 1991, IDEO menduduki daftar top 25 perusahaan paling inovatif oleh Business Week daftar pemenang tahunan Industrial Design Excellence Award, dan pada tahun 2005 dan melakukan konsultasi pekerjaan untuk 24 perusahaan lain dalam daftar top 25

 

Bagaimana IDEO bisa seperti sekarang ini??

Timbul banyak pertanyaan, mengapa IDEO dengan mudahnya bisa menjadi perusahaan yang sangat terkenal dan sangat inovatif. Ternyata banyak cara yang dilakukan IDEO guna menjadi perusahaan yang paling inovatif di dunia ini. Cara-cara ini perlu di contoh oleh perusahaan-perusahaan lain. Salah satu caranya adalah, dalam upayanya memahami pasar dan menemukan solusi, IDEO turun langsung ke pasar, jalan-jalan, stasiun, supermarket, dan tempat lain untuk mengamati orang-orang dalam kehidupan sehari-hari. IDEO berupaya menemukan apa-apa yang membuat orang-orang bertingkah laku seperti apa yang terlihat, apa yang membuat mereka bingung, apa-apa yang mereka suka atau benci, serta apa-apa kebutuhan utama yang tak terpenuhi oleh produk & jasa yang tersedia saat ini. Ini lah cara pendekatan komprehensif inovasi yang mereka gunakan.

Selain itu mereka tumbuh dengan cara mengidentifikasi cara-cara baru dengan cara melihat opini dar orang banyak yang jujur mengungkapkan kebutuhan serta keinginan mereka. Lalu, semua ide yang sudah teridentifikasi, selalu mereka visualisasikannya secara baru dan unik yang membawa inovasi strategi untuk hidup.

Hal yang paling baru serta unik yang mereka lakukan di dalam internal perusahaan mereka adalah selalu mengubah rutinintas yang membosankan dan membangun  serta mengembangkan budaya-budaya baru sehingga mereka tetap bisa mempertahankan kemampuan dalam menciptakan kreatifitas dan inovasi dengan pola pikir yang fresh.

 

Mengapa sih IDEO mau repot-repot terjun ke lapangan?

Karena mereka meyakini bahwa baik di bidang seni, sains, teknologi atau bisnis, inspirasi ternyata seringkali datang dan terlihat dari tindakan-tindakan kita sehari-hari. Ide-baru akan muncul dari melihat, mencium, mendengar, dan berada di tempat.

Keterlibatan panca indera sedemikian penting. Ketika IDEO mengamati orang-orang dalam keadaan alamiah mereka, dia tidak hanya melihat nuansa perilaku manusia, tetapi juga berusaha untuk menemukan motivasi dan emosi mereka. Dari situlah IDE berusaha memahami psikologi yang mendasari interaksi seseorang dengan produk dan jasa.

Selain itu, IDEO merasa lebih mudah berpikir tentang produk sebagai kata kerja daripada kata benda. Dengan melihat produk sebagai kata kerja, maka IDEO jadi makin tanggap terhadap cara orang menggunakan produk, ruang, jasa-apapun yang dia coba perbaiki

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: