10 Paradoxes – uas assignment

December 15, 2009 at 3:43 am (Uncategorized)

Mihaly menyatakan ada 10 sikap paradok yang dimiliki oleh orang-orang Kreatif. Tolong analisis dan berikan komentar pribadi Anda terhadap 10 sikap paradok tersebut.

Berikut ini adalah 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly:

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

                Disini dijelaskan bahwa orang kreatif memiliki energi fisik yang cukup kuat, tapi mereka sering sekali tenang dan lebih banyak diam. Betul sekali menurut saya jika orang kreatif memiliki energi yang cukup besar, karena ketika mereka melakukan apa yang mereka suka dengan otak kreatif yang ada, mereka akan melakukannya dengan excited dan mencurahkan segala energi yang ada. Orang kreatif pun selalu melihat sesuatu dari sisi positif, sehingga dia akan selalu semangat dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Di sini tertulis bahwa, orang kreatif pun banyak diam. Sebetulnya yang dilakukannya adalah berpikir, karna mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka lebih banyak konsentrasi untuk menggunakan indera mereka yang lain untuk berkembang. Mereka lebih sering mengembangkan dengan melakukan praktek dibandingkan mengumbar segala sesuatunya.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

Disini dijelaskan bahwa orang-orang kreatif cenderung pintar tapi naif pada saat yang sama. Menurut saya naive bukan kata yang tepat untuk menggambarkannya, mereka menggunakan pemikiran-pemikiran yang sederhana untuk dikembangkan secara out of the box. Mungkin banyak orang berpikir, orang kreatif terlihat tidak mengerti apa-apa. Tapi dengan pemikiran yang sederhana, timbul banyak pemikiran-pemikiran yang tidak terpikirkan oleh banyak orang. Dan percaya bahwa, terkadang pemikiran yang terlalu kompleks sulit untuk dikembangkan.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

Disini dijelaskan bahwa orang kreatif menggabungkan kesenangan dan disiplin. Menurut saya sungguh sangat benar jika orang kreatif menggabungkan kesenangan dan disiplin. Dengan sesuatu yang terlalu disiplin, seseorang tidak bisa mengembangkan imajinasinya dengan baik karena terkekang oleh banyak hal. Jika digabungkan dengan kesenangan, alam pikirannya pun dapat dengan leluasa untuk berimajinasi. Contohnya saja kantor google yang sengaja dibuat dengan konsep tempat yang menyenangkan. Dengan begitu, orang di dalamnya dapat berpikir secara luas dan out of the box.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

Disini dijelasakan bahwa orang kreatif bergantian antara imajinasi dan fantasi, dan perasaan yang berakar dari realitas. Menurut saya ini juga benar, karna dengan imajinasi dan fantasi yang ada di pikirannya, orang kreatif dapat menjadikan imajinasi itu menjadi sebuah kenyataan. Mungkin setiap orang bisa berimajinasi, tapi hanya orang kreatif lah yang dapat membuat imajinasinya menjadi sebuah realita.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.

Disini dijelaskan bahwa kecenderungan orang-orang kreatif untuk menjadi ekstrover dan introver. Disini maksudnya adalah orang kreatif bisa menjadi ekstrovert ketika ia sedang mengungkapkan dan merelisasikan ide-idenya, sedangkan orang kreatif pun akan menjadi introvert ketika dia memikirkan dan berimajinasi mengenai ide-idenya di dalam pikirannya.

6. Creative people are humble and proud at the same time.

Disini dijelaskan bahwa orang kreatif rendah hati dan bangga pada saat yang sama. Mereka akan menjadi orang yang rendah hati ketika mereka sedang mengembangkan ide-idenya. Dengan rendah hati, mereka akan lebih terpacu untuk lebih berkembang lagi dan tidak mudah untuk merasa puas. Tetapi ketika mereka sudah bisa menggapai dan merealisasikan ide-idenya, mereka akan sangat berbangga hati karena telah berhasil mewujudkannya.

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

Orang kreatif, untuk suatu hal, melarikan diri stereotip peran gender yang kaku. Untuk menjadi seorang yang kreatif, mereka tidak bisa dikekang oleh batas-batas yang ada. Dengan batas-batas, ide kreatif itu akan susah muncul. Dengan berpikiran out of the box dan keluar batas, imajinasi mereka akan mudah berkembang.

8. Creative people are both rebellious and conservative.

Orang kreatif baik memberontak dan konservatif. Menurut saya, konservatif di sini adalah pemikiran-pemikiran yang mereka buat sendiri untuk menjadi dasar dalam cara berpikir mereka. Sedangkan pemikiran tersebut kadang sangat bertentangan dangan pemikiran orang banyak. Dengan perbedaan cara berpikir itu, membuat orang kreatif memilih untuk memberontak untuk tetap terus menggunakan cara berpikirnya. Karna itulah banyak orang berpikir bahwa orang kreatif memiliki sifat pemberontak.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

Disini dijelaskan bahwa kebanyakan orang-orang kreatif sangat bersemangat tentang pekerjaan mereka, namun mereka dapat sangat objektif tentang itu juga. Orang kreatif pasti mengerjakan sesuatu karena ia suka untuk melakukannya, karna itu lah ia bersemangat untuk mengerjakannya. Tetapi, ia tidak subjektif dalam mengerjakan segala sesuatunya, karena ia ingin apa yang dilakukannya memiliki hasil yang baik. Mereka harus menggunakan sisi objektifnya agar apa yang dilakukan terlaksana.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

Disini dijelaskan bahwa orang kreatif keterbukaan dan kepekaan sering mengekspos mereka untuk penderitaan dan kesakitan, namun juga untuk banyak kenikmatan. Mungkin ini dikarenakan banyak ide-ide yang berasal dari orang kreatif sangat lah luar biasa dan out of the box. Banyak orang meremehkan dan mengejek pada awalnya. Tetapi dengan cemohan orang ini, membuat mereka lebih bisa termotivasi untuk mengambangkan ide-ide gila yang lain. Itulah kenikmatannya..

Alhamdulillah, selesai juga opini paradoks ini. It is just my opinion, so don’t take it seriously.. hehehehe.

Terimakasiiii.  🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: